Growing Up as a Leader

Growing Up as a Leader

Growing Up as a Leader

Tentu saja, tak semua orang memiliki mimpi dan keinginan untuk menjadi pemimpin. Karena, di balik semua ‘kekuasaan’ yang dimiliki oleh seorang pemimpin, ada tanggung jawab besar yang juga menyertainya. Tanggung jawab inilah yang tak semua orang mampu dan bersedia untuk mengembannya.

Hanya saja, bagi siapa saja yang ingin untuk menumbuhkan jiwa pemimpin dalam dirinya, perlu latihan dan pengembangan diri. Karena jiwa pemimpin bukanlah satu sifat atau sikap bawaan lahir, namun merupakan sebuah karakteristik yang harus dibangun dalam diri seseorang.

leader atau pemimpin

Satu hal pertama yang harus dimiliki oleh seseorang dengan jiwa pemimpin adalah berani. Berani sejatinya memiliki makna yang cukup luas, tidak terbatas pada kemauan diri untuk mempunya keinginan melakukan segala hal.

Sikap berani dalam diri seorang pemimpin berkaitan erat dengan kemauan diri menunjukan siapa sejatinya diri itu sendiri. Mampu dan bersedia untuk hadir dalam setiap keadaan yang dibutuhkan oleh kelompok atau komunitasnya.

Berani ini memang berkaitan erat dengan keberadaan diri seseorang di dalam sebuah kelompok atau komunitas. Karena tentunya, dalam sebuah kelompok akan dibutuhkan adanya pemimpin, dan pemimpin itulah orang yang selalu ada dan siap sedia untuk kelompok atau komunitas tersebut.

Hal kedua yang tak kalah penting dalam menumbuhkan jiwa pemimpin dalam diri seseorang adalah bersikap tanggap. Sikap tanggap ini dimaknai sebagai sebuah tindakan cepat terhadap segala bentuk kejadian yang terjadi. Tentu saja, seseorang yang acuh tak acuh dan tak banyak memberikan perhatian atau bahkan kontribusi pada sekelilingnya bukanlah sosok yang layak dan patut untuk dijadikan sebagai pemimpin.

Selain tanggap, seorang pemimpin dalam merespon segala kejadian yang ada di sekelilingnya, dia pun juga mampu untuk memberikan solusi terhadap setiap kejadian tersebut. Karena tentunya, segala hal yang terjadi didasari oleh sebuah sebab dan kemungkinan besar akan membutuhkan solusi dan pemecahan terhadap hal tersebut.

Dengan sikap berani, tanggap dan solutif dalam menghadapi setiap kejadian yang ada di sekeliling diri, seseorang akan mampu menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Growing as a leader.. siapa takut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Firman Kurniawan

Copyright © 2017 - FirmanKurniawan.com - All Rights Reserved.